Perbandingan  Sharp R7s Keluaran Terbaru Plus Keunggulan  dsn Harga Berikut Bocoran Seputar iPhone 15

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)-Ponsel pintar (smartphone) telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita, menghubungkan dunia dalam genggaman tangan. Dua produsen terkenal, Sharp dan Apple, kembali meluncurkan perangkat terbaru mereka, yaitu Sharp Aquos R7s dan iPhone 15. Kedua ponsel ini menawarkan teknologi terkini dan fitur-fitur canggih yang akan memanjakan pengguna. Mari kita bahas perbedaan dan keunggulan masing-masing ponsel dalam artikel ini.

Sharp Aquos R7s

Sharp Aquos R7s menawarkan desain yang menarik dengan layar AMOLED berukuran 6,5 inci yang menghadirkan warna-warna yang tajam dan kontras yang mendalam. Resolusi layar Full HD+ memberikan pengalaman visual yang luar biasa untuk menikmati konten multimedia, game, dan browsing internet.

Di sektor performa, ponsel ini didukung oleh chipset canggih, bersama dengan RAM yang cukup besar, memastikan kinerja yang lancar dalam multitasking dan bermain game berat. Selain itu, kapasitas penyimpanan internal yang luas dapat ditingkatkan dengan kartu microSD, sehingga pengguna memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan berbagai aplikasi, foto, dan video.

Dalam hal fotografi, Sharp Aquos R7s menampilkan konfigurasi kamera ganda dengan kamera utama 48 MP yang memungkinkan pengambilan foto berkualitas tinggi dalam berbagai kondisi pencahayaan. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan 16 MP untuk selfie yang lebih baik.

Baterai berkapasitas besar pada ponsel ini memastikan pengguna mendapatkan daya tahan yang cukup untuk menggunakannya sepanjang hari, dan fitur pengisian cepat semakin memudahkan pengisian daya saat baterai hampir habis.

iPhone 15

Apple selalu mendobrak batas dalam teknologi smartphone, dan iPhone 15 bukanlah pengecualian. Ponsel ini hadir dengan desain yang elegan dan kokoh, mencerminkan kualitas premium yang diharapkan dari produk Apple. Layar OLED berukuran 6,1 inci pada iPhone 15 menampilkan resolusi Retina yang memukau, memberikan reproduksi warna yang akurat dan tingkat kecerahan yang luar biasa.

Ditenagai oleh chipset A15 Bionic terbaru, iPhone 15 menawarkan performa yang cepat dan efisien, memberikan pengalaman pengguna yang mulus dan responsif. Fitur keamanan Face ID juga hadir untuk membuka kunci perangkat dengan cepat dan aman.

Salah satu aspek utama dari iPhone 15 adalah pembaruan besar pada sistem kamera. Dengan kamera utama 12 MP yang disempurnakan dan kemampuan pengambilan gambar dalam situasi cahaya rendah yang lebih baik, iPhone 15 menawarkan hasil jepretan yang menakjubkan. Mode Night dan fitur pengeditan terbaru memberikan fleksibilitas lebih dalam menghasilkan konten visual yang menakjubkan.

iPhone 15 juga dilengkapi dengan teknologi baterai terbaru yang mengoptimalkan daya tahan baterai secara efisien, sehingga pengguna dapat menggunakan ponsel ini sepanjang 

Fotografi

Mengutip tempo.co.id, Sharp meluncurkan model ponsel flagship terbarunya, yaitu Sharp Aquos R7s. Ponsel yang dihargai Rp 15,9 juta itu menawarkan fitur unggulan di sektor fotografi.

"Indonesia merupakan pasar smartphone yang sangat potensial, kegemaran masyarakat Indonesia pada fotografi menjadi salah satu alasan kami membawa masuk Aquos R7S”, kata President Director PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka dalam keterangannya, Jumat, 28 Juli 2023.

Spesifikasi

Sharp Aquos R7s menghadirkan kamera utama 47,2 MP dengan aperture f/1.9 dan focal length 19 mm. Fitur itu memungkinkan penggunaan ponsel ini untuk fotografi hingga perekaman video dengan kualitas gambar 8K.

Fitur sensor 1 inci pada kamera ini juga setara dengan kualitas kamera digital sehingga pengguna dapat menghasilkan gambar dan video dengan resolusi tinggi. Teknologi AF Octa PD pada semua piksel memungkinkan fokus otomatis dengan kecepatan tinggi bahkan pada subjek bergerak.

Kamera juga memiliki prosesor AI yang mampu mendeteksi tubuh, wajah dan mata secara real time. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menemukan wajah dan profil yang disamarkan.

Dengan kemampuan ini, Aquos R7s memungkinkan pengguna mengambil foto yang cerah dan mengabadikan momen berharga dengan lebih baik. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera swafoto berukuran 12,6 MP.

 

Dari segi layar, ponsel ini menggunakan layar "Pro IGZO OLED" dengan refresh rate hingga 240Hz yang memberikan tampilan yang diklaim halus, jernih dan hemat energi. Sistem ini juga dilengkapi dengan teknologi super-resolusi berbasis AI untuk mencocokkan konten video serta fungsi untuk menginterpolasi bingkai agar menghasilkan kesan mendalam pada video.

Bodi dari Sharp Aquos R7s terbuat dari aluminium tebal yang mampu menahan overheat atau terlalu dingin. Layar dan back cover ponsel ini dilapisi dengan Corning Gorilla Glass Victus yang tahan gores hingga 4 kali lebih kuat dari generasi sebelumnya dan melindungi ponsel dari kerusakan akibat jatuh dari ketinggian hingga 2 meter.

Sertifikat IP68 juga membuat ponsel ini tahan terhadap debu dan dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit.

Untuk performanya, Sharp Aquos R7s didukung oleh chip Snapdragon 8 Gen 1 yang menawarkan kinerja pemrosesan tinggi dan peningkatan grafis sebesar 30 persen dengan penghematan daya 25 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Perangkat ini juga hadir dengan RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB yang bisa diperluas hingga 1 TB dengan kartu microSD. Baterainya berkapasitas 5.000mAh yang mendukung pengisian cepat 27 watt dan pengisian daya nirkabel Qi.

Sharp Aquos R7s telah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 15.999.000. Selama periode pra pemesanan dari 26 Juli hingga 6 Agustus, setiap pembelian AQUOS R7s akan mendapatkan 1 unit wireless bone conduction headphone, special clear case senilai Rp 1.100.000, dan cashback Gopay Rp 500.000.

Bocoran

Mengutip tempo.co, pembocor rahasia RcloudS (melalui MacRumors) mengatakan dalam cuitannya bahwa seri iPhone 15 mendatang akan menjadi smartphone global pertama yang menggunakan teknologi lensa hybrid.

Lensa untuk kamera Wide utama akan dibuat dari satu elemen kaca dan 6 elemen plastik. Saat ini, lensa kamera Wide primer seri iPhone 14 terdiri dari tujuh elemen plastik. Bukaan akan menjadi f/1.7 yang merupakan sedikit peningkatan dari bukaan f/1.79 pada model iPhone 14 Pro, tetapi penurunan dari bukaan f/1.5 yang ditemukan pada iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Tweet tersebut mencatat bahwa dengan aperture yang lebih lebar untuk lensa pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, kamera Wide utama pada perangkat tersebut akan menangkap cahaya 15%-20% lebih banyak. Hasilnya, kamera ini diharapkan dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dengan warna yang lebih baik.

Dengan membiarkan lebih banyak cahaya ditangkap oleh kamera, foto yang diambil di lingkungan dengan cahaya redup akan terlihat lebih baik dan juga memungkinkan fotografer memotret dengan kecepatan rana yang lebih cepat.

Ini juga dapat meningkatkan efek bokeh yang memburamkan latar belakang foto untuk menonjolkan subjek di latar depan. Keempat model iPhone 15 diperkirakan menggunakan sensor gambar Sony IMX803 48MP tahun ini. Itu adalah sensor yang sama yang saat ini digunakan oleh iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

IPhone 16 Pro Max tahun depan dikabarkan menyertakan kamera Wide utama yang terdiri dari delapan elemen. Melanjutkan jalur hybrid, lensa akan terdiri dari dua elemen kaca dan enam elemen plastik. Model iPhone tertinggi tahun depan mungkin juga meluncurkan lensa hybrid lima dan enam elemen untuk telefoto dan kamera ultra lebar yang kabarnya dipasok oleh Sunny Optical Technology.

Mungkin ada sedikit lebih dari enam minggu tersisa dari hari ini hingga Apple meluncurkan iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Kita juga akan melihat Apple memperkenalkan arloji Apple Watch Series 9 baru, Apple Watch Ultra generasi kedua, dan mungkin juga perangkat lain.

Tweet oleh pembocor rahasia itu mencatat bahwa teknologi lensa hybrid hanya digunakan oleh merek Cina pada model yang dijual di dalam negeri yang akan menjadikan lini iPhone 15 sebagai yang pertama untuk mengeluarkan teknologi ini pada ponsel yang dijual secara global.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Kesimpulan

Keduanya, Sharp Aquos R7s dan iPhone 15, adalah ponsel canggih dengan keunggulan masing-masing. Jika Anda mencari ponsel dengan kamera yang kuat dan layar AMOLED yang menakjubkan, Sharp Aquos R7s adalah pilihan yang bagus. Sementara itu, jika Anda ingin merasakan ekosistem khas Apple dengan kualitas kamera terbaik, maka iPhone 15 adalah pilihan yang tak tertandingi.

 

Namun, keputusan akhir tetap bergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Semoga artikel ini membantu Anda memahami perbedaan antara kedua ponsel ini dan membimbing Anda dalam memilih ponsel yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Selamat memilih ponsel pintar yang terbaik untuk Anda!